Pengertian Augmented Reality




Augmented Reality
Augmented reality atau juga dikenal dengan nama “AR” adalah integrasi informasi digital dengan lingkungan pengguna secara realtime,yang menggunakan lingkungan yang ada di dunia nyata kemudian menambahkan informasi baru di atasnya yang bertujuan untuk mengembangkan teknologi digital content yang dibuat oleh komputer.


Image result for contoh augmented reality
contoh AR
source https://www.smarteye.id/blog/augmented-reality-di-bisnis/



 Augmented Reality memperbolehkan pengguna melihat objek maya dua dimensi atau tiga dimensi yang diproyeksikan terhadap dunia nyata. Contohnya ada sebuah gambar lalu setelah di scan,objek tersebut akan menjadi objek 3 dimensi dalam bentuk virtual.
Teknologi AR ini dapat menyisipkan suatu informasi tertentu ke dalam dunia maya dan menampilkannya di dunia nyata dengan bantuan perlengkapan seperti webcam, komputer, HP Android, maupun kacamata khusus. User ataupun pengguna didalam dunia nyata tidak dapat melihat objek maya dengan mata telanjang, untuk mengidentifikasi objek dibutuhkan perantara berupa komputer dan kamera yang nantinya akan menyisipkan objek maya ke dalam dunia nyata.
Metode Augmented Reality 
1. Marker Augmented Reality (Marker Based Tracking)
Marker merupakan ilustrasi hitam dan putih persegi dengan batas hitam tebal dan latar belakang putih. Komputer kita akan mengetahui posisi dan orientasi marker dan menciptakan dunia virtual 3D yaitu titik (0,0,0) dan tiga sumbu yaitu X, Y, dan Z. Marker Based Tracking mulai dikembangkan untuk penggunaan Augmented Reality pada tahun 1990-an
2. Markerless Augmented Reality
Markerless Augmented Reality memungkinkan pengguna tidak perlu menggunakan sebuah marker untuk menampilkan elemen-elemen digital, dengan tool yang disediakan Qualcomm untuk pengembangan Augmented Reality berbasis mobile device, mempermudah pengembang untuk membuat aplikasi yang markerless.

Face Tracking, 3D Object Tracking, dan Motion Tracking.
Kini pihak perusahaan Total immersion dan Qualcomm telah membuat berbagai macam teknik Markerless Tracking,seperti Face Tracking, 3D Object Tracking, dan Motion Tracking.
a. Face Tracking
Teknik ini memungkinkan komputer dapat mengenali wajah manusia secara umum dengan cara mengenali posisi mata, hidung, dan mulut manusia, kemudian akan mengabaikan objek-objek lain di sekitarnya seperti pohon, rumah, dan lain – lain.
 b. 3D Object Tracking
Teknik 3D Object Tracking dapat mengenali semua bentuk benda yang ada disekitar, seperti mobil, meja, televisi, dan lain-lain.
c. Motion Tracking
Komputer dapat menangkap gerakan dan akan mencoba mensimulasikan gerakan.
d. GPS Based Tracking
Teknik GPS Based Tracking adalah aplikasi yang akan menampilkan bentuk arah yang kita inginkan secara realtime,bahkan 3D.tampilan tersebut diambil dari sensor GPS dan sensor kompas yang ada di Perangkat kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKNIK HARD SURFACE PADA PERMODELAN 3 DIMENSI

Konsep Dasar 3 Dimensi

ANIMASI TWEENING DAN PENGERTIANNYA